Headlines

China Kembangkan Drone Kargo Berukuran Jumbo

ilustrasi
Industri pembuatan pesawat tak berawak China makin perkasa. Terlihat dalam gelaran Airshow China 2018 beberapa waktu lalu, deretan drone baru bermunculan bak jamur di musim hujan. Mulai dari drone mini hingga raksasa, mulai dari drone untuk keperluan sipil hingga varian bersenjata untuk militer turut mendominasi pameran dirgantara dua tahunan ini.

Sobat AR, di antara drone yang menjalani debut kali ini adalah CH-7 UCAV, CH-10 VTOL, drone serang WJ-700, HK-5000G, dan JY-300.

Juga tampak FL71 high-speed drone (HSD) dan XY-280 stealthy target drone. Dalam pameran yang berlangsung di bandara Zhuhai tersebut juga dipamerkan konsep drone pembawa barang (kargo) FL-2 dan TW-365.

Nah, salah satu drone yang menarik untuk dicermati adalah drone pembawa barang berukuran jumbo, baik untuk keperluan sipil maupun militer. Dia adalah TW-365 buatan Tengoen Technology (dieja Tengdun) yang berasal dari Sichuan, Provinsi Chengdu.

ilustrasi


Seperti dilansir situs Defense-Update, Tengoen memamerkan mock-up ukuran penuh (skala 1:1) TW-365 di arena pamer lapangan.

Drone berbadan tambun ini ditenagai sepasang mesin turboprop dengan baling-baling berbilah lima. Mengadopsi sayap model tinggi dipadukan dengan tiang ganda (twin boom) dengan ekor menyerupai gawang. Seluruh perangkat roda dapat ditarik ke dalam.

Berperan sebagai pesawat kargo atau transportasi barang, selain dalam perut di bawah sayap TW-365 juga tersedia empat gantungan untuk pod (tabung). Total kapasitas kargo mencapai 1,2 ton.

Barang-barang dapat dikirim secara normal atau pesawat mendarat terlebih dahulu lalu barang diturunkan. Bisa juga barang dijatuhkan dari udara dengan teknik air drop. Cara ini dilakukan di daerah yang tidak memiliki infrastruktur jalan darat. (sumber)

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Melayu Siam. Designed by OddThemes