Headlines

Negara Galmudug di Somalia Batalkan Investasi Qatar?


Negara Galmudug di Somalia dilaporkan membatalkan secara sepihak investasi dari Qatar untuk membangun pelabuhan dan infrastruktur lainnya.

Pemerintahan Galmudug berencana akan membangunnya dengan investasi lokal mengingat lambannya pembangunan oleh pihak Qatar.

Usai peresmian pembukaan proyek beberapa waktu yang lalu, tidak ada satupun progres dari pembangunan.

Qatar menandatangani perjanjian dengan pemerintahan federal Somalia di Mogadishu yang memberikan konsesi kepada negara Teluk itu untuk memukai pembangunan.

Tidak diketahui penyebab lambannya pembangunan apakah karena Covid-19 atau penyebab lainnya.

Qatar diketahui bersaing dengan Uni Emirat Arab dalam menggarap proyek-proyek investasi di negara-negara bagian Somalia. UAE menggelontorkan investasi besar-besaran di Somaliland tanpa persetujuan pemerintah pusat.


Galmudug pernah mendeklarasikan kemerdekaannya namun tidak diakui oleh banyak pihak. Namun begitu Galmudug menjalin hubungan yang baik dengan pemerintahan federal.

Sementara itu Somaliland juga mendeklarasikan kembali kemerdekaannya dari Somalia dan sampai saat ini berusaha mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

Walau pemerintah pusat hanya mengakui Somaliland sebagai negara bagiannya namun tidak punya kendali sama sekali dengan Somaliland.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Melayu Siam. Designed by OddThemes